Jumat, 08 Juni 2012

Apa yang Telah dan Akan Saya Lakukan untuk Krluargaku,Bangsaku dan Negaraku


Apa yang Telah dan Akan Saya Lakukan untuk Krluargaku,Bangsaku dan Negaraku
Nama saya Muhammad Ka’anal Miska ,tinggiku 160 kurang dikit lah maklum turunan dari keluarga desa,tampangku ya gak terlalu jeleg jeleg amat,usiaku sekarang 20 tahun,sekarang saya kuliah di Universitas Negeri semarang,pendidikan teknik elektro.
Nah langsung saja Awal ceritaku
            Massa kecil
Tepat 20 tahun lalu hari rabu tanggal 14 oktober 1992 saya dilahirkan dilahirkan dimuka bumi dari pasangan suami istri Ikhsan Nawawi dan Safuroh di desa gerung,Karang malang, mijen, semarang. Saya begitu di sayang sama kedua orang tuaku,begitu dimanja dan apa yang saya inginkan akan mereka usahakan untuk dituruti. Senang rasanya mengingat masa kanak-kanak kita.
 Seluruh perhatian, tertumpah dalam segala sentuhan kasih sayang dari orang-orang terdekat kita. Sekalipun kita menangis, kita berteriak dan memberontak, orang disekitar kita akan menemani kita dengan tersenyum. Begitulah, jika kita memiliki kesucian hati dalam setiap tindakan kita. Sangat banyak cerita menarik yang diceritakan orang tuaku. Hingga sampai saatnya saya benar sadar bahwa semua itu adalah pendidikan yang tidak terbayarkan.
 Bagaimana besarnya hati dalam menghadapi masalah, kuatnya tekad dalam segala tekanan, dan luar biasanya kekuatan cinta. Semua itu adalah dasar yang sangat kuat untuk menjalani kehidupan. Tidak lupa tentunya, nilai–nilai agama Islam yang ditanamkan, baik dengan materi ataupun tingkah laku. Ayahku juga sering membawaku jalan-jalan ke luar kota, dan tanpa disadari menjadi sebuah landasan Iman dan Islam di dasar hati, dengan semakin banyak kita melihat kebesaran Allah. Akan tetapi di balik itu semua orang tua dari ayahku begitu membenciku,mulai disaat saya lahir sampai saat ini mereka tidak mengganggab Saya sebagai cucunya,walaupun sekarang aku ayah dan ibu tinggal satu rumah dengan mereka,
Dahulu pernah ibuku terlibat adu mulut dengan ayah karena masalah itu,sehingga ibu memutuskan untuk balik kerumah orangtuanya,saat itu aq baru berumur 7 tahun,tepatnya kelas satu SD. Karena mengikuti ibu sehingga sekolahku waktu itu jadi terbengkalai. Kemudian ayah menjemput ibu kembali untuk pulang akhirnya aku dan ibu kembali pulang kerumah ayah,akan tetapi sikap dan perilaku kakek dan nenek tidak berubah terhadapku dan ibuku,setiap ada ayah aja pura pura baik. Ketika aku kembali aku harus mengulang SD kelas 1 lagi di SD Negeri Karang Malang.
Kisah saat di SD Karang malang
Kisah saat aku di Sd karang Malang,aku paling kecil sendiri di antara teman temanku yah maklum lah paling imut,walau umurku lebih tua sedikit di banding mereka,teman teman memanggilku dengan sebutan miska,aku punya banyak teman sejak di SD dari yang namanya Mashudi,temanku yang satu ini pinter banget dalam hal agama,sering ngajakin sholat selain itu dia anaknya enak di ajak ngobrol, trus ada lagi yang namanya Takul nah dia ni satu desa sama saya,wah pinter banget,trus ada lagi namanya Sakdun dia suka ngembala kambing dirumahnya
,aku dan teman teman sering main bareng ma dia walaupun harus jagaen kambingnya juga,dan banyak lagi teman temanku yang tidak bisa disebutkan satu persatu,mereka bertigalah yang paling akrab denganku. Sehingga kami membentuk kelompok belajar bareng bareng,walaupun itu paksaan dari guru,bukannya belajar malah maen maen di sawah.
Selain itu di SD ada guru guru yang baik,sangking baiknya sampai ngulangnya pun bawa makanan buat muridnya,ngulangnya lembut banget,namanya bu pur ,orangnya agak gemuk rapi,sampai sekarang pun masih ngajar di SD karang malang walau umurnya sudah tua tapi beliau begitu semangat mengajar. Selain bu pur ada juga guru yang lucu ngulangnya sampai setiap murid pengen banget di ajar beliau,namanya Pak Edi ,orangnya kurus berkumis bisa di bayangin kalau beliau agak gemuk mungkin bakan gantiin pak raden dalam serian film si unyil. Nah pak Edi ini guru saya saat kelas 4 sampai 6 SD saat di ajar beliau baru disuruh duduk puntra dan puntri
Saat itu aku duduk dengan yang namanya tutut widyawati,anak yang dapat peringkat 1 terus sejak kelas 1 sedangkan aku hanya bisa membuntutinya dengan peringkat 2 atau 4 yah maklum lah jaman sekarang prempuan banyak yang lebih rajin dari pada laki laki. Bagitu rajinnya teman sebagkuku ini sampai setiap pelajaran yang di berikan dia selalu maju untunk mengerjakan, aku sampai penasaran apa sih yang membuat temen sebangkuku ini jadi pinter banget, aku satu bangku terus dengan tutut sampai kelas 6 SD yah setidaknya kalau aku duduk ma diya dapat di kira pinter juga,intinya pengen ketularan pintar.
Saat kelulusan ketiga teman akrabku ikut aku sekolah di SMP N 23 F2 Semarang,yang ada di bubakan dekat dari rumah,cabang dari SMP 23 Semarang yang ada di Mijen. Sedangkan teman sebangkuku ke SMP 23 semarang yang ada di mijen, Sekolah sama tapi beda fasilitas.
Saat di SMP aku terkenal dengan yang paling cupu,kata teman teman gitu,tapi juga termasuk 5 besar dari siswa SMP 23 F2,maklum lah sejak masuk SMP pengen banget ngebahagiyain orang tua, Karena di SMP aku mendapat prestasi yang lumayan aku di calonin sebagai ketua OSIS saat di SMP
,nah di SMPku itu sarat untuk menjadi ketua OSIS selain direkomendasikan sama guru guru harus ikut yang namanya SPK (Satuan Penegak Kedisiplinan) yah kalau di ibaratkan seperti militer militer gitu,pakai senjata senapan laras panjang tapi Cuma tongkat yang di potong seukuran senjata laras panjang,kagiatannya berupa baris berbaris atau PBB, Mental jalan malam dll,Di sini saya mulai merasa di perbaiki mental menjadi seorang yang lebih baik,disiplin seperti semboyan di SPK, yang saya dan teman teman buat :
BPDT (Berani Percaya diri Disiplin dan Tanggung jawab)
Semboyan inilah yang menjadi motivasi dan semangat kami sebagai anggota SPK,akhirnya saat yang di tunggu tunggu tiba,dari 30 siswa yang dicalonin guru manjadi ketua OSIS telah di pilih 5 calon terbaik,entah siapa yang milih 5 calon tersebut adalah Heru,Mashudi,NurHidayat,Deva,Agustini,dan yang terakhir saya,
            Begitu terkejutnya saat saya di sebut dari 5 calon itu hanya sanya yang bertubuh pendek,semua dari mereka memiliki badan yang tinggi pantas lah untuk jadi seorang pemimpin,tanpa ada persiapan di panggil satu persatu dari kami berlima untuk maju dah menyampaikan orasi,tetapi dari teman temanku yang maju tidak ada yang bisa berorasi dan berpidato,akhirnya tiba giliranku maju,tetapi sebelum maju aku siapkan sebuah yel yel buat orasi yang kalau gak salah
                                    Anak SPK tak Putus Asa
                                         (Anak Gembala)
Aku Adalah anak SPK
Selalu riang serta gembira
Walaupun aku sering di siksa tapi kusuka tak putus asa
La la la oh SPK la la la Oh SPK
Begitu saya maju saya nyanyikan yel yel itu buat teman teman yang saya rasa sedang kecapek’an karena habis jalan malam dan menginap,yah buat menghibur
Akhirnya mereka semua pada tertawa dan ikut bernyanyi sama sama,tarnyata sampai sekarang lagu atau yel yel yang saya ciptakan masih di pergunakan sama adek adek SPK dan di ajarkan sama mereka untuk membuat yel yel seperti yang sya buat.
Voting pun dimulai 50% dari pemilih yang jumlah keseluruhan 30 orang memilihku menjadi ketua osis dan 30% memilih agustini sisanya memilih NurHidayat dan lainnya. Dan terpilihlah aku sebagai ketua Osis di dampingi agustini sebagai wakilnya,
            Saat sampai dirumah aku kabarkan kepada keluarga,dan disambut dengan senyum bahagia dari mereka. Senang sekali dapat membuat mereka tersenyum.
            Banyak sekali suka dan duka menjadi ketua osis saat di SMP,salah satu contohnya sering ada kegiatandi sekolahan,mempunyai banyak teman,banyak sekali kenangan kenangan yang indah saat itu. Yang dulunya aku kata orang super cupu sekarang menjadi lebih baik,kata temanku. Banyak kegiatan kegiatan dalam hal kepemimpinan,dan banyak pelajaran yang perlu di ambil dari setiap kejadian kejadian,sering dimarahin dan lain sebagainya.
 Saat menjadi ketua osis atau pengurus osis,setiap kegiatan yang diadakan kurang berhasil banyak sekali cemoohan yang di terima,tetapi sebaliknya jika kegiatan yang di adakan bagus dan hasinya baik dilupakan,yah inilah suka duka menjadi seorang pengurus,saat susah di cemooh akan tetapi saat senang di lupakan,Dengan adanya hal ini kita dapat jadi lebih dewasa menerima apa adanya.
            Kegiatan lain yang paling disuka waktu itu selain SPK ada Pencak silat yaitu Merpati Putih,saat itu ada ekstra kurikuler waktu saya kelas 3,maklum lah sekolah pinggiran saat itu Cuma ada ekstra pramuka dan spk saja tpi saat aku kelas 3 baru mulai banyak ekstrakurukuler salah stunya pencaksilat itu.
Akhirnya aku ikuti pencak silat merpati putih,banyak kegiatan kegiatan yang menarik dari pencaksilat ini bukan hanya ada latihan,kadang juga makan bersama,bermain sambil berlatih. Penuh dengan canda gurau dan kebaikan ke akraban dengan pelatih.
Pelatih pencaksilat ini namanya Pak Bagus,ia bekerja sebagai satpam di Indofood beliau memiliki banyak prestasi di bidangnya. Pak bagus ini orangnya sangat baik,hampir di setiap latihan beliau membawa makanan untuk dibagikan agar murid murid yang beliau latih semangat. Banyak juge teman yang ikut dalam pencak silat ini,oh iya,aku ikut pencaksilat dengan teman akrabku namanya Heru Prasetyo orangnya tu tinggi berwibawa tapi suka melucu,dia juga pandai pencaksilat dan seorang atlit lari.
            Pencaksilat saya dalamin selama setahun waktu itu ada perlombaan pencaksilat,dan saya mengikutinya akan tetapi saya gagal memenangkan pertandingan,sehingga saya mamahami bahwa dalam pertandingan tidak boleh ada kesombongan,tidak boleh hanya mengedepankan emosi dan ego saja
Karena saat pertandingan itu saya melawan dari SMP Muhamad 8,yang notabene lebih lemah di banding dengan perguruan tempatku,terjadi tiga babak dalam pertandingan,sebelom babak dimulai banyak teman yang temen suport agar terus semangat dan percaya diri. Pada babak pertama wasit memberikan pengarahan dalam pertandingan. Kemudian kami disuruh berjabat tangen dulu sebelum bertandingan.
Priittttttt Peluit pertandingan babak pertama dimulai,dengan agak gugup ku pandang mata lawanku dengan tatapan tajam,saat ia bergerak ku ikuti dengan serangan serangan yang tajam yang paling mendapatkan poit.beberapa kali seranganku masuk dan dihitung oleh wasit di pinggir lapangan prittt,,
Babak pertama slesai masih gugup karena begitu banyak orang yang melihatku priittt pengumuman pemenang babak pertama dari sudut biru,yang artinya sudut tempatku bertanding tadi,dengan kemenangan ini kepercayaan diriku meningkan,tadi dengen gugup aj aku bisa menang apa lagi sekarang,dengan agak senyum kudekati lawan,dan
 priiiitt pritt
,berbunyi berarti babak ke 2 dimulai,,aku kembali bergoyang dengan gerakan gerakan pancingan seperti menjebak bahwa ada mangsa yang siap ia terkam dengan goyangan goyangan.saat iya memukul ku tangkap kakinya dan ku jatuhkan, “haha Aku menang” dalam hatiku saat itu.tetapi dia bangkait dan pertarungan dilanjutkan kembali,dalam hatiku”mudah sekali dia di jatuhkan,akan ku jatuhkan lagi kataku”.
Kemudian dengan gerakan yang sama aku mencoba menyerang tepapi dia memukul kepalaku, aduhh sakit,ini pelanggaran,dengan emosi ku tendang saja sembarangan dia menangkap kakiku tetapi aku tidak mau jatuh ketekuk kakiku dan ku tarik,sialnya dia melepasku dan menendang sehingga aku jatuh. “astaga,aku jatuh”,priiit pertandingan babak kedua berakhir dengan kibaran bendera merah yang artinya dimanangkan oleh lawan,begitu emosinya diriku,sehingga ingin marah dengan wasit tapi tidak bisa,dalah hatiku “dasar wasit,gk lihat apa tadi dia mukul kepala,huh”.
priittttt priiiiiiit
 Babak ke 3 dimulai babak penentuan,disini aku harus bisa balas menjatuhkannya,dengan pukulan pukuln yang menjurus untuk pancingan,dengan desisah khas pencaksilat ssssttttttttttttttttttttt aku berusaha menyerangnya dengan sekuat tenaga,dan bruug dia memukul kepalaku laku. Kaliini wasit memperingatkannya padahal dah sekian kalinya dia memukul kepalaku,dengan agak marang aku serang terus lawan aku tentang,huh tadi hanya keberuntungan kamu bisa menang dariku,aku tendang dengan sekuat tenaga dan bruk ahhhhhhhhhhhhh aku terjatuh,,akhirnya aku kalah dengan di tandai dikibarkannya bendera merah oleh ke 3 dewan juri atau wasit.
Dengan bersedih aku menerima kekalahan,akan tetapi ada hikmah dari setiap kejadian bahwa pada babak pertama aku bisa menang karena ketenangan dalam pertandingan,tanpa adanya emosi dalam bertanding,bertanding dengan sungguh sungguh,dan pada babak ke dua,aku tergiur dengan kemenangan dan kesombongan sehingga harus menerima kekalahan,dan pada babak ke tiga aku harus menerima kekalahan yang pahit karena aku tidak dapat belajar dari kesalahan pada babak ke dua,malah terjebak dalam lautan emosi untuk menang. Sebuah pelajaran berharga yang aku dapatkan bukan sebuah kemenangan,tapi ini sangat berarti sampai sekarang ini.
Akhirnya saat menjelang ujian nasional akan segera dimulai,persiapan demi persiapan pun di tempuh untuk menghadapi ujian nasional trsebut, salah satunya adalah tryOut pada saat menjelang tryout pertama begitu ketakutannya akan kelulusan aku jadi sakit,tanpa ada persiapan dan belajar sedikitpun,hari pertama tryout aku paksakan untuk berangkat,dengan meminta doa dari orang tua,walaupun orangtua melarang,tapi dengan semangat aku akan belajar buk, akan menuntut ilmu kan bapak ma ibuk dah membanting tulang biar aku bisa sekolah. “doa ibuk selalu menyertaimu anakku”kata ibuku,tak tega ibu melihat ku sendiri kesekolah di antarkannya aku.
Sesampainya disekolah beliau cium keningku dan bilang, “semangat anakku semoga berhasil”.
Akubegitu ternyuh dengan kata kata ibuku,akhirnya tiba saatnya tryout. Aku duduk di bangku belakang pojok tepat,padahan aku paling tidak suka duduk paling belakang, soal matematika dibagikan. Sebelum membuka lembar soal aku sempatkan untuk berdoa,semoga diberi kemudahan Ya Allah . akhirnya dengan perasaan yang campur aduk aku buka lembar soal,  Subhanallah saat membuka soal aku jadi ingat pelajaran pelajaran yang telah di berikan,jadi ingat tentang bangaimana penyelesaiannya. Aku kerjakan dengan penuh semangat walaupun lagi sakit, begitu dan seterusnya sampai akhir tryout.
Tibalah saatnya pengumuman hasil tryout,aku hanya berharap saat itu semoga hasilnya tidak terlalu buruk,palinggak pas lah dan gak jeleg jeleg amat. Dan betapa terkejutnya saat pengumuman yang lulus try out hanya 2 orang itu kata guruku,perasaan berdebar debar,diumumkan dari rangking satu Komariah.sudah tidak diragukan lagi dan sudah diprediksi, “kemudian yang rangking ke 2 Kaanal”,kata bu wiji astuti walikelasku dulu. “hah,mosok”kataku terkejut waktu itu. Nah saat itu aku sadar aku tidak belajar,aku tidak mengulang materi,tapi aku mendapat doa dari orang tua,mendapat restu dari orang tua.
 Dan karna itu aku jadi sadar bahwa Ridho orang tua adalah Ridho Allah, Doa orang tua senantiasa di ijabah Allah, Subhannallah Maha Besar Allah.
Aku jadi teringat kata guru agama, yang mengatakan Apabila kita berdoa kepada Allah maka akan di kabulkan,seperti yang tertuang dalam surat Al-muknin 60
“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu”. (QS. Al Mukmin : 60)
Akan tetapi setiap doa harus disertai dengan usaha,ataupun sebaliknya, Usaha dan Doa adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan seperti layak pasangan hidup yang saling melengkapi.
Ketika hasil yang didapat buruk maka janganlah kau putus asa,teruslah berjuang dan ambilah sisi positifnya dari setiap kejadian. Dan perbaiki diri untuk jadi lebih baik lagi. dan sebaliknya jika kita berhasil jangan terlalu berbangga diri dengan apa yang kita miliki karena diatas langit masih ada langit,ibaratnya masih ada yang lebuh baik dari kita,lalu juga jangan
 jadi kacang lupa kulitnya seperti halnya para pejabat saat pemilu saja turun ke masyarakan untuk bergaul memberi solusi solusi agar menjadi lebih baik,memberi semangat,dan memberi harapan kepada masyarakat untuk memilihnya tetapi saat sudah sukses sudah terpilih melupakan rakyat begitu saja,bahkan memakaan hak dan uang rakyat yang seharusnya itu di gunakan untuk keperluan rakyat.itulah para korupsi dan koruptor.
Mungkin itu tadi hal yang saya pelajari dari kejadian itu,kemudian saat nya ujian nasional pun tiba dengan penuh semangat dan percaya diri aku kerjakan semua soal soal ujian nasional. Diiringi dengan doa dari orangtua pastinya.
Tibalah saat yang ditunggu tunggu pengumuman ujian nasional dismp. Banyak sekali telefon dari teman teman menanyakan tentang hasil ujian nasional tentang lulus atau tidaknya,karena konon kabarnya di SMPku ini yang tidak lulus akan di beritahukan dirumahnya,perasaan berdebar terus terjadi,takut kalau pihak sekolah kerumah. Waktu terus berjalan sampai pukul 13.00 tepat saatnya pengumuman disekolahan bagi yang tidak dikunjungi dirumahnya.
Walaupun tahu kalau yang tidak dikunjungi pasti lulus tapi masih tetap aj ada perasaan takut. Aku dan ibu serta orangtua dan teman temanku satu desa jalan kaki menuju sekolah SMP maklum lah tidak punya kendaraan toh tempatnya dekat sekitar 500m saja. Sesampainya diSMP orang tua diminta masuk untuk diberi pengarahan. Perasaanku masih berdebar debar saat ibu keluar dari ruangan pengumuman dengan tersenyum aku pun gembira, “kamu lulus nak”kata ibuku sambil memelukku,wah susah dibayangkan perasaan senang yang begitu sanang sampai ingin berteriak akululusssssssss ,
yah seperti mandi dikolam penuh susu kaju yang langsung diminum dari tempat asalnya dalam hatiku saat itu kalau di gambarkan seperti iklan di TV itu. Tetapi rasa senang ku juga campur aduk ketika ku kethui bahwa di smpku ada 35% siswa yang tidak lulus begitu kasihan aku kepada mereka yang tak lulus.dan kudoakan semoga di ujian paket B mereka dapat lulus semua.
Kelulusan SMP pun telah di umumkan,Persasaan senang pun dirasakan,sekarang saatnya menuju ke dunia SMA yang konon katanya,masa masa SMA adalah masa paling indah. Begitu lulus SMp aku bingung mau melanjutkan kemana,tak banyak SMA yang ku ketahui,begitu bingungnya aku sampai menunggu teman yang ngajak daftar kemana. Ada yang ke YPPM ada yang ke SMA Muhammadiyan 8,ada yang ke TECMACO,setelah ku diskusikan dengan orang tua ternyata pilihannya ke SMA N 13 Semarang,karena lokasinya yang lumayan dekat,dan alat trasportasinya yang mudah.
Karena aku tidak tahu tempat pendaftarannya aku ajak temanku yang mau nganterin ke SMAN 13 semarang,pertama masuk SMAN 13 seasananya sejuk banget,dan ada sebuah pohon besar yang dikenal sebagai pohon joho,di bawahnya ada pot yang sangat besar. Konon katanya pot ini masuk rekor muri,dengan ukiran ukiran masa perjuangan waktu membangun SMA 13 semarang,konon teempat itu adalah rowo yang mengering terbukti setiap ada hujan tempatnya tergenang dan banyak binatang seperti yuyu atau kepiting,itu muncul kalu ada hujan,terus karena dulunya adalah rowo para penjajah menutup lubang air tempat keluarnya air atau mata airnya dengan penutup besar yang terbuat dari emas kemudian di timbun dengan tanah dan tumbuh pohon joho yang besar dan tidak bisa ditebang. Nah itu awal mula munculnya pohon joho.
Setelah masuk SMA dan dinyatakan di SMA 13 semarang,diadakan MOS atau istilahnya masa orientasi siswa yang bertujuan untuk mengenalkan ssiswa mengenai sekolah. Saat MOS para senior meminta barang yang aneh aneh untuk dibawa maklum masih jaman perploncoan beda ma sekarang. Salah santu contonya membawa tas dari kantong plastik, pakai dasi kupu kupu,dikucir 13 bagi cewek dan lain sebagainya.
Tetapi banyak hal lainjuga yang menarik dengan adanya hal ini setiap siswa diseruh bawa makanan untuk brbagi dengan teman lain dan dengan senior. Hal ini memupuk rasa keakrapan bengan teman teman. Tapi waktu itu berhubung aku tak bawa apa apa banyak hukuman yangku tapat,tetapi dengan hukuman itu jadi lebih akrab dengan senior dan guru,karena hukumannya suruh minta tandatangan senior serta guru guru.
Hari pertama MOS
hari Sabtu pagi aku udah siap-siap untukpembinaan MOS disekolah. sempet takut juga sih. dan kalian tau apa yang paling di takutin?! yap, siapa lagi kalo bukan para kakak kelas panitia MOS. didalam benakku tuh para kakak kelasnya udah pasang muka sangar dan siap-siap buat ngerjain kita yang notabene murid baru yang masih turn green banget. maksud turn green disini bukan berarti cinta bumi, tapi polos. udah pasti wajah-wajah polos para murid baru bakal jadi sasaran empuk para kakak OSIS.
hah, akhirnya sampai disekolah. awalnya ku bingung mau gimana dan kemana, akhirnya ku mutusin buat keliling sekolah sambil nyari kelas. haaahh, aku tau banget pasti tampangku  saat itu sangatlah pongo dan semacamnya. kesendirian ku pun nggak berlangsung lama karena aku nemuin (?) salah satu temen SMPku dan akhirnya kita nyari kelas bareng. pas lagi panik-paniknya nyari kelas, eh ternyata dia nemuin kelasnya duluan, dan dengan santainya dia bilang “nal, aku duluan ya” dan huf dia menghilang ditelan kelasnya (?), tinggalah aku seorang diri tanpa ditemani siapapun. haaahh merananya dalam kesendirian dan kesepian dan sampai para peserta MOS disuruh ke lapangan pun aku masih belum juga menemukan kelas gue dimana. setelah mencari dengan buru-buru, gue akhirnya menemukan kelas gue, kelas 10-2. setelah itu gue lari kelapangan dan baris di barisan kelas 10-2.
            Karena telat dalam upacara apel pembukaan aku di suruh baris sendiri di belakang,dan salah satu senior tanya sama aku, “mana papan nama kamu” katanya.
Dalam hatiku “astaghfirullah,aku lupa buat”.tapi kujawab “maaaf kan dibawa temen tadi”. Salah satu senior menyuruhku mencari teman yang bawa papan nama untuk di ambil,padalal aku belom buat aduhhh bingung, saat mencari aku melihat bekas teman membuat papan nama dari kertas karton warna kuning pas,,
 terus aku ambil danku bentuk lingkaran tapi sialnya masih kurang ¼ lingkaran gimana ini,. Akhirnya kusambung dengan kertas biasa dan ku ikat dengan tali rafiah sebagai gantungannya di leher,begitu masuk barisan lagi aku dimarahin tapi juga di puji dengan ucapan, “wah kreatif bangat kamu dek” tapi masih tetap dihukum.
Kemudian cek perlengkapan ahh akulupa bawa minuman poknori manis(pocarisweet) ,dengan rasa takut ku ambil botol akua di tasku dan selembar kertas,kutulis aj pok nari manis,dan ku tempelkan di botol aqua(maaf menyebut merek). Yah saya rasa cukup lah,,hahahaha banyak teman teman yang tertawa akhirnya ku menerima hukuman. Yaitu minta tanda tangan guru sekolah dan pengurus Osis.
Begitu pula hari ke dua dan ke tiga penuh dengan hukuman. J
Awal masuk sekolah ,dan seleksi pengurus OSIS
Masuk sekolah pertama secara resmi dibuka dengan upacara pembukaan oleh kepala Sekolah,saat masuk kelas ada pengumuman mengenai open recrutmen pengurus OsiS . kemudian aku dan temanku yaitu Ellyan saya ajk untuk mengikuti seleksi tersebut,seleksipertama adalah sleksi tahap formuli, akhirnya pengumuman sleksi tahap formulir aku dan ellyan diterima,kemudian sleksi tahap wawancara.
Setelah itu pengumuman calon ketua osis yang di seleksi secara diam diam, yang terpilih sebagai calon ketua OSIS adalah Okky,Wimma,Ellyan dan aku. “waduh,kok aku terpilih ya ma ellyan,” aku ajk aja ellyan untuk berkualisi,aku sebagai ketua dan ellyan sebagai wakilnya.
Akhirnya pemilihan ketua osis tatapi harus dengan orasi dulu,aku dan ellyan berorasi dengan tiga bahasa yaitu inggris,jawa dan indonesia. Begitu juga yang lainnya ada pula yang berorasi dengan 4 bahasa yaitu arab,inggris,jawa,indonesia.
Sebagai cara kami berorasi atau kampaye,kami datang di setiap kelas dan berpidato, wlaupun agak grogi,aku dan ellyan saat itu Cuma bisa bilang kaming akan melakukan yang terbaik. Karena kami belom tau betul gmn jadi pengurus osis di SMA.
Akhirna tibalah waktunya pemilu OSIS dan pengundian,aku agak ragu mungkinkah ada yang memilihku sedangkan aku masih kelas satu,dan yang lain kelas 2,mungkinkah.saat pengumuman di undi aku termasuk peringkat ketiga dan dimenangkan oleh Okky dan wakilnya lukas. Dan aku menerima amanah sebagai bendahara 2. Berdampingan dengan bendahara 1 yaitu ikka.
DiSMA aku ikut ekstrakurikuler Paskibra,Pramuka,dan ROHIS,serta Rebana, banyak sekali ekstrakurukuler di sekolahan, dari semua ekstra yang ku ikuti adalah rohis yang paling ku sukai karena ada pembimbing yang sangat baik Namanya Pak Hadi Siswanto, S.Ag ,orangnya baik berkumis berjengkot kaya amrozi kata teman temanku,padahan gk mirib mungkin karena jenggotnya yah,kadang sangking baiknya sampai aku sering di traktir makan bakso sama pak hadi tapi dengan sarat bantu bantu bersihin mushola dan sering juga di anterin pulang.
Pabila ada pemilihan guru paling baik di SMA beliau salah satunya yang saya pilih, dirhohis aku punya temen temen yang sangat baik namanya Pujo Prasetyo,Adlian Afa Annie,Masykuri,Maryanto,Yahya,Hafidz,Faqisudin,dll mereka ini yang selalu menemaniku bersih bersih mushola
Banyak hal yangkudapat dari mereka karena banyak dari mereka adalah kalangan orang tidak mampu seperti aku ini dan kadang mereka bekerja demi untuk sekolah membantu ibu,selain itu mereka pula yang mengajarkan aku mengenai nikmatnya beragama,di ajarkan oleh mereka arti persahabatan dan keakraban. Kita sama sama belajar agama dengan Pak Hadi dan sering kami menjadi muadzin sholat jumat dan saya pernah di percaya menjadi khotib sholat jumat. Dalam kegiatan rhohis ini aku juga bisa tau teman teman rohis dari kota semarang yang dijuluku PRKS (Paguyuban Rohani Islam Kota Semarang) jadi lebih paham tentang nilai nilai agama.
Kagiatan rohis paling kusukai ketika di bulan puasa yaitu zakat fitrah,kadang sering bacain doa yakat dari 600 orang se sekolahan,nyenengin banget bagien zakat ke panti asuhan,bagien zakat ke orang orang yang tidak mampu. Belajar untuk terjun ke masyarakat,selain itu ada kebersamaan antar pengurus menginap dan buka bersama.
Kemudain kegiatan PRKS adalah tadabur alam pelajar islam semarang atau yang dikenal dengan istilah TAPIS. Dengan kegiatan ini aku dapat belajar dan menerapkan islam dalam lingkungan,mengagumi ciptaan ciptaan Allah. Banyak hal yang bisa di pelajari.
Selain TAPIS juga da yang pernah ku ikuti adalah bedah buku. Sangat menarik soalnya bedah buku yang temanya tentang islam tentang bagaimana kita menjadi muslim yang hebat. Aku juga punya temen akraab selain yang ikhwan (cowok) tadi,yang Akhwat yaitu ada Krisna,ika,linda,vita,Anggun,lia,Pandini,Vera,dll mereka adalah wanita wanita muslimah yang ku kagumi. Karena mereka tidak pernah meninggalkan nilai nilai agama dalam kehidupannya dan aku selalu belajar dari mereka.
Saya ambil contohnya adalah krisna dia tidak pernah meninggalkan sholat dan tiap hari selalu sholat nduha,selain itu dia orangnya sangat rajin pintar dan tidak sombong, setiap kegiatan yang dia lakukan selaluberhasil dialakukan dengan baik dan sungguh sungguh. Sangking pinternya dia sampai mau di kuliahin olah sekolah dan dijadikan guru SMA. Bagaimanapun caraku berusaha untuk melebihinya pasti susah.
Di SMA 13 bukan hanya Pak hadi saja guru yang paling baik hampir semua guru SMA 13 Semarang sangat baik,salah satu contohya adalah bu Yik beliau adalah wakasek bidang kurikulum dan seorang guru elektronika,
beliaulah yang mengenalkanku dengan dunia elektronik sampai sekarang ini ku sekolah di universitas negeri semarang di program studi pendidikan teknik Elektro. Kebaikan beliau kepadaku yang bakal ku ingat beliau pernah membiayai aku sekolah selama 2 bulan karena sudah tiga bulan nunggak bayar uang spp. Beliau sangat baik hati,dan beliau juga yang mengusulkan ku agar dapat beasiiswa.
Hal yang paling lucu saat SMA adalah ketika aku di keluarkan dari kelas saat itu minggu kedua aku sekolah di SMA waktyu pelajaran FISIKA teman teman tidak membuat tugas semua ya aku ikut ikut aj,waktu itu aku duduk paling depan biar tambah mudeng. Nah saat gurunya masuk eh langsung ditanyain tugasnya, siapa yang tidak buat tugas, langsung di cek satu persatu karena aku yang paling awal di priksaal hasil aku disuruh keluar dalam batinku “loh kok Cuma aku saja yang suruh keluar,yang lain tidak” aku menangis dan sedih banget saat itu tidak adil banget kataku.
Dan aku ketemu dengan bu yik,beliau bertanya “napa nak gak masuk “ saya jawab”saya dikeluarin buk,gara gara gk ngerjain pr fisika padahal semua temen pada gak ngerjain pr”.. siapa gurunya “gak tau namanya saya buk,tapi guru fisika”, kemudian dilihatnya jadwal pelajaran,dan beliau berpicara”oh pak Haryoto,itu kepala sekolah low masak gk tahu,yaudah sana belajar di perpus aja besok jangan diulangin lagi ya”
Dalam hatiku “haduh itu kepala sekolah to,Ya Allah” takut banget aku saat itu demi tidak ketinggalan pelajaran aku belajar di perpustakaan sampai bener bener bisa. Dan aku berjanji dalam hatiku,kan ku tunjukkan bahwa aku bisa. Dan ini pertama dan terakhir kalinya aku di keluarin dari kelas dan akan ku tunjukkan kalau aku akan menguasai pelajaran yang dia berikan. Dan sampai saat ini beliau jadi kenal denganku sampai setiap ketemu beliau selalu menyapa di banding dengan siswa siswa lainnya.tapi beliau sekarang sudah tidak jadi kepala SMA 13 semarang karena sudah di pindah tugaskan menjadi kepala SMA 8 semarang.
Hal yang paling disenengin saat SMA yaitu ketika aku diwawancarai enjadi wakil sekolah saat itu dalam acara sekolahku di Tvku dan saat rekaman dakwah di acara siraman rohani di stasiun radio RRI semarang. Nah yang pertama adalah waktu dipilihnya aku untuk diwawancarai pengganti ketua osis saat itu dimasa jabatanku yang ke 2 aku menjadi wakil ketua osis,hal itu dikarenakan ketua osis tidak pandai berbicara di depan umum jadi aku disuruh menggantikannya.ssat itu aku begitu terkejut sampai aku berfikir harus bagaimana ada dua orang yang di pilih wakil dari siswa yaitu aku sebagai wakil osis dan mbk ika sebagai wakil siswa berprestasi karena mbk ika ini adalah siswa yang paling pintar dan telah memenangkan lomba melukis tong sampah tingkat jawa tengah,bahkan nasional,dan ini satu satunya di SMA 13 semarang.
Karena aku yang dipilih sebagai wakil osis untuk berbicara maka ketua osis menjadi agak sirik kepadaku atau mungkin Cuma perasaanku saja,karena setiap kali ketemu dia selalu menghindar denganku sejak saat itu. Tapi  mungkin sekarang sudah ia lupakan soalnya kami sudah akrab kembali. Dan juga setelah itu aku juga mengikuti rekaman radio RRI semarang
saat itu untuk mewakilkan sekolahku mengisi acara ceramah dan dakwah. Nah disekolahku anak anak rohis lah yang mewakilkan di sertai nasyid dan robana. Aku menjadi MC di acara tersebut, seingatku kami berdiskusi dengan tiga tema,yang pertama itu mengenai hikmah puasa, terus bagaimana menjadi muslim yang hebat dan pergaulan remaja jaman sekarang.
Saat itu juga aku di lantik atau diangkat menjadi ketua Rohis SMA 13 semarang yang dikenal dengan Syauqi Firdaus artinya merindukan surga firdaus. Berbagai hal telah ku alami di masa masa SMA yang begitu menyenangkan. Ada sedih ada cinta ada hal hal yang sangat menarik sekali.
Dan selain menjadi wakil ketua OSIS,terus ketua ROHIS di organisasi lain aku juga jadi pengurus salah satunya adalah Wadansat paskibra,kemudian sie belanegara di pramuka.hal inilah yang membuat aku tidak lupa sama masa masa SMA karena begitu menyenang kan bisa punya banyak teman yang sangat baik.

Kelulusan atau Menjelang Ujian Nasional SMA
Hari-hari menjelang Ujian Nasional mulai tiba. Aku melupakan semuanya dan fokus pada belaja
rMenjelang ujian nasional SMA banyak hal yang terjadi ketika itu saat menjelang ujian nasional ku dan teman teman mengadakan kegiatan doa bersama dan mengundang ustad untuk memimpin doa.
Aku dan teman teman juga setiap hari jumat melakukan kegiatan membaca asmaul husnah dan belajar bersama. Teman yang saya ajak untuk belajar bersama adalah
Krisna, iya adalah orang yang sangat pintar dan baik. Pringkat 1 paralel dari kelas 10 sampai kelas 12 SMA ini, selain itu iya juga aktif dalam organisasi sama sepertiku.
Priyo Wibowo, usianya muda tapi orangnya kelihatan tua. Walaupun begitu iya sangat pintar dalam kimia makanya aku ajak untuk belajar kelompok agar tampah pintar kimia,dan dia adalah salah satu teman baikku.
Anisa, orangnya kecil baik dan sopan. Dia pintar biologi dan kimia sama seperti priyo. Ku ajak mereka untuk belajar kelompok bersama
Yang terakhir adalah pujo prasetyo ,orang yang paling pintar bahasa indonesia dan mata pelajaran bahasa inggris makanya dia ku ajak dalam kelompokku. Mulanya ahanya beberapa orang tetapi semakin lama makin banyak bahkan hampir satu kelas ikut dalam kelompok belajar ini.
Ujian Nasional
Saat ujian nasional aku duduk di tengan depan dekat pengawas perasaan takut pun bergemuruh bukan karena tidah belajar tapi karena takut aj menjelang ujian nasional perasaan ini wajar karena aku duduk di paling depan dekat pengawas.
Aku mengerjakan soal dengan sungguh sungguh dan penuh semangat,tapi sebelum ujian nasional aku berdoa dulu sama teman teman. Saat itu aku di suruh memimpin doa,
Ujian nasional pun berlangsung, 3 ahi ujian nasional pun telah selesai tiba lah masa istirahat buat yang telah melaksanakan ujuan nasional
Aku isi dengan kegiatan kegiatan organisasi dan bekerja. Saat itu aku bekerja membantu ayahku sebagai tukang bagunan tukang angon kambing. Walaupun banyak tanpa kegiatan . aku merasa banyak hal yang aku sia siakan saat itu
Pengumuman ujian nasional pun di umumkan dan dibuka secara online. Hasil pengumuman saat itu aku baru mau buka pengumuman tapi sudah di sms sama guruku namanya Pak Hadi Siswanto yang mengatakan selamat ya kaan kamu lulus. Akhirnya aku tidak perlu capek capek ke warnet untuk membuka hasil ijian nasional saat itu.
Aku juga di terima di universitas negeri semarang tepatnya di fakultas teknik program study pendidikan teknik elektro. Dan berhasil mendapat beasiswa bidikmisi, saat itu aku benar benar bersyukur kepada Allah karena aku bisa meneruskan kuliah dengan beasiswa. Kalu saja saat itu aku menyerah dan tidak berfikir untuk melanjutkan kuliah dan mencari beasiswa mungkin sekarang aku sudah bekerja, dan tidak menuntut kemungkinan sudah ber istri. Maklum orang desa.
Hal apa yang akan saya lakukan untuk keluarga
1.      Hal yang saat ini ingin saya lakukan adalah ingin meringankan beban orang tua dengan tidak meminta uang sepeserpun kepada orang tua, karena saya tahu kondisi orang tua saya saat ini banyak hutang dan berfikir bagaimana cara untuk menganbil sertifikat tanah atau sawah dan rumah yang telah di gadaikan di bank
2.      Kedua yaitu saya sangat ingin menaikan haji orang tua, karena saya tau dalam hati orang tua saya sangat ingin naik haji,terbukti begitu semangatnya orang tua saya saat mengantarkan haji salah satu dari orang besar di desa saya.
3.      Kemudian saya ingin sukses,agar bisa membantu adiksaya sekolah, dan saya ingin adaik saya tidak sesusah saya sekarang,saya ingin memenuhi semua kebutuhan adik saya, istilahnya membantu orang tua saya membiayai sekolahnya.
4.      Membangun rumah dan menebus hutang kedua orang tua saya karena orang tua saya banyak banget hutangnya,kemudian rumahnya sudah pada keropos hal ini membuat saya sangat ternyuh. Serta pada saat hujan sering bojor dan kesannya seperti rumah tanpa atap. Menurutku,
5.      Kemudian ingin memberikan kambing agar dikorbankan waktu idul adha untuk orang tua saya,karena orang tua belum pernah kurban
6.      Ingin mengajak makan keluar ,soalnya orang tua jarang keluar makan, paling Cuma makan bakso saja,saya pingin ngajak mereka senang senang walaupun hanya sekali saja.
Hal apa yang akan saya lakukan untuk bangsaku
Tanggal 17 Agustus 1945 kelahiran bangsaku bangsa indonesia
Sebagai pemuda indonesia apa yang akan saya lakukan untuk bangsa adalah melaksanakan kewajibanku sebagai masyarakat menjalan kan hah dan kwajiban salah satunya adalah memilik calon pemimpin
Karena pemimpin adalah wakil dari masyarakat kalu pemimpin baik maka masyarakat akan makmur, tidak seperti jaman sekarang banyak terjadi korupsi dimana mana bukan hanya pemimpin tetapi juga masyarakatnya aja. Gimana nasib para orang orang miskin jika jaman sekarang yang kaya tambah kaya dan yang miskin semakin miskin.
Sebagai seorang yang beriman beragama kita harus senantiasa meningkatkan ketaq waan kita karena garar terhindar dari korupsi terhindar dari dosa. Aku jadi teringat kata guruku yang mengatakan bagaimana tips dan trik agar perhindar dari dosa
  1. Janganlah meremehkan dosa.
    Rasulullah SAW bersabda, “ Janganlah kamu meremehkan dosa, seperti kaum yang singgah di perut lembah. Lalu seseorang datang membawa ranting Dan seorang lainnya lagi datang membawa ranting sehingga mereka dapat menanak roti mereka. Kapan saja orang yang melakukan suatu dosa menganggap remeh suatu dosa, maka itu akan membinasakannya.” (HR Ahmad dengan sanad yang hasan)

  1. Anggaplah besar dosamu.
    Abdullah bin Mas’ud Ra berkata, “orang beriman melihat dosa-dosanya seolah-olah IA duduk di bawah gunung, IA takut gunung tersebut menimpanya. Sementara orang yang fajir (suka berbuat dosa) dosanya seperti lalat yang lewat diatas hidungnya.”

  1. 4. Taubat nasuha yang tulus
    Rasulullah SAW bersabda, “Allah lebih bergembira dengan taubat hamba-Nya tatkala bertaubat daripada seorang diantara kamu yang berada di atas kendarannya di padang pasir yang tandus. Kemudian kendaraan itu hilang darinya, padahal di atas kendaraan itu terdapat makanan Dan minumannya. Ia sedih kehilangan hal itu, lalu IA menuju pohon Dan tidur di bawah naungannya dalam keadaan bersedih terhadap kendaraannya itu. Saat IA dalam keadaan seperti itu tiba-tiba kendaraannya muncul di dekatnya, lalu IA mengambil tali kendalinya.
    Kemudian IA berkata karena sangat bergembira, “Ya Allah Engkau adalah hambaku Dan aku adalah Tuhanmu. Ia salah ucap karena sangat bergembira. “
    (HR Bukhari Dan Muslim)

  1.  Janganlah menceritakan dosa
    Rasulullah SAW bersabda: “ semua umatku dimaafkan kecuali muhajirun (orang yang berterus terang). Termasuk muhajarah adalah seseorang yang melakukan suatu amal (keburukan) pada malam Hari kemudian pada pagi harinya IA membeberkannya, padahal Allah telah menutupinya, IA berkata, “wahai fulan, tadi malam aku telah melakukan demikian Dan demikian.” Pada malam harinya Tuhannya telah menutupi kesalahannya tetapi pada pagi harinya IA membuka tabir Allah yang menutupinya.” (HR Bukhari Dan Muslim)

  1. Jika dosa berulang, maka ulangi bertaubat.
    Ali bin Abi Thalib Ra. Berkata, “Sebaik-baik kalian adalah setiap orang yang diuji (dengan dosa) IA bertubat. Ditanyakan, “Jika IA mengulangi lagi?” Ia menjawab, “Ia beristighfar kepada Allah DA bertubat.” Ditanyakan, “Jika IA kembali berbuat dosa?”
    Ia menjawab, “Ia beristighfar kepada Allah Dan bertaubat.” Ditanyakan lagi “Sampai kapan?” Dia menjawab, “ Sampai setan berputus ASA.”

  1. Melakukan kebajikan setelah keburukan
    Rasulullah SAW bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana saja kamu berada, Dan iringilah keburukan dengan kebajikan maka kebajikan itu akan menghapus keburukan tersebut, serta perlakukanlah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR Ahmad Dan Tirmidzi menilai hadits ini hasan sahih)

  1. Jauhi faktor-faktor penyebab kemaksiatan.
    Orang yang bertubat harus menjauhi situasi Dan kondisi yang biasa IA temui pada saat melakukan kemaksiatan serta menjauh darinya secara keseluruhan Dan sibuk dengan selainnya.
    Rasululah SAW beristighfar kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali ( dalam hadits lain 100 kali)

  1. Jangan berpisah dengan orang-orang yang baik
    Persahabatan dengan orang-orang baik adalah amal shalih
    Mencintai orang-orang shalih menyebabkan seseorang bersama mereka, walaupun IA tidak mencapai kedudukan mereka dalam amal
    Penyesalan Dan penderitaan karena melakukan kemaksiatan hanya dapat dipetik dari persahabatan yang baik

  1. Merealisasikan tauhid
    Rasulullah SAW bersabda, “Allah ‘azza WA jalla berfirman (dalam hadits qudsi), ‘Barangsiapa yang emlakukan kebajikan maka IA mendapatlan pahala sepuluh kebajikan Dan Aku tambah Dan barangsiapa yang melakukan keburukan, maka balasannya satu keburukan yang sama, atau diampuni dosanya. Barangsiapa yang mendekat kepadaKu sejengkal, maka Aku mendekat kepadanya sehasta Dan barangsiapa yang mendekat kepadaKu sehasta, maka Aku mendekat kepadanya sedepa, barangsiapa yang datang kepadaKu dengan berjalan, maka Aku datang kepadanya dengan berlari. Barangsiapa yang menemuiku dengan dosa sepenuh bumi tanpa menyekutukan Aku dengan sesuatu apapun, maka Aku menemuinya dengan maghfirah yang sama.” (HR Muslim Dan Ahmad)
  2. Jangan cela orang lain karena perbuatan dosanya
    Rasulullah SAW menceritakan kepada para sahabat bahwasanya seseorang berkata, “Demi Allah, Allah tidak akan mengampuni si fulan.” Allah SWT berkata, “Siapakah yang bersumpah atas namaKu bahwa Aku tidak mengampuni si Fulan? Sesungghnya Aku telah mengampuni dosanya Dan Aku telah menghapus amalnya.” (HR Muslim)
Nah itu kata guruku kalau lebih singkatnya yaitu
·        Jagalah pikiranmu
·        Jagalah pandanganmu
·        Jagalah lisanmu
·        Jagalah hatimu

Kemudian sebagai seorang pemuda,sebagai seorang warga negara ,demi menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur dimedan perang saya akan memerjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara indonesia.
Atau katalainnya menjunjung tinggi nillai nasionalisme dan menjunjung tinggi kebangsaan indonesia.
Sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa indonesia yang paling indin di berikan adalam memberikan yang erbaik, ingin menjadi pemimpin yang amanah apa bila menjadi seorang pemimpin.
Karena saya adalah calon seorang pendidik hal yang ingin saya lakukan adalah mengajar dan membimbing murid murid saya menjadi lebih baik dari saya meneruskan perjuangan saya. Dam mendidik murid saya agar menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Kalau saya sebagai seorang yang bekerja di bidang teknologi saya akan mengembangkan teknologi di indonesia menjadi lebih baik lagi dan tidak kalah saingan dengan negara negara maju seperti sekarang,karena indonesia sebenarnya memeiliki sumberdaya yang melimpah baik sumber daya alam dan menusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar