Rabu, 08 Februari 2012

puasa

A.    PUASA RAMADHAN

"Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa" (QS Al-Baqarah: 183).
1.      Puasa Ramadhan hukumnya Fardu `Ain
2.      Puasa Ramadhan disyari'atkan bertujuan untuk menyempurnakan ketaqwaan
PUASA menurut syariat ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan kelamin, dan sebagainya) semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari,dengan disertai niat ibadah kepada Allah, karena mengharapkan redho-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan Taqwa kepada-Nya.
RAMAHDAN bulan yang banyak mengandung Hikmah didalamnya. Alangkah gembiranya hati mereka yang beriman dengan kedatangan bulan Ramadhan. Bukan saja telah diarahkan menunaikan Ibadah selama sebulan penuh dengan balasan pahala yang berlipat ganda, malah di bulan Ramadhan Allah telah menurunkan kitab suci Al-Quranulkarim, yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia dan untuk membedakan yang benar dengan yang salah.
Puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin, terthindar dari sifat tamak dan rakus, percaya pada diri sendiri, dsb.
Meskipun makanan dan minuman itu halal, kita mengawal diri kita untuk tidak makan dan minum dari semenjak fajar hingga terbenamnya matahari,karena mematuhi perintah Allah.Walaupun isteri kita sendiri, kita tidak mencampurinya diketika masa berpuasa demi mematuhi perintah Allah s.w.t.
Ayat puasa itu dimulai dengan firman Allah:"Wahai orang-orang yang beriman" dan disudahi dengan:" Mudah-mudahan kamu menjadi orang yang bertaqwa."Jadi jelaslah bagi kita puasa Ramadhan berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.Untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah kita diberi kesempatan selama sebulan Ramadhan, melatih diri kita, menahan hawa nafsu kita dari makan dan minum,mencampuri isteri,menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang sia-sia, seperti berkata bohong, membuat fitnah dan tipu daya, merasa dengki dan khianat, memecah belah persatuan ummat, dan berbagai perbuatan jahat lainnya. Rasullah s.a.w. bersabda:
"Bukanlah puasa itu hanya sekedar menghentikan makan dan minum tetapi puasa itu ialah menghentikan omong-omong kosong dan kata-kata kotor."  (H.R.Ibnu Khuzaimah)
Beruntunglah mereka yang dapat berpuasa selama bulan Ramadhan, karena puasa itu bukan saja dapat membersihkan Rohani manusia juga akan membersihkan Jasmani manusia itu sendiri, puasa sebagai alat penyembuh yang baik. Semua alat pada tubuh kita senantiasa digunakan, boleh dikatakan alat-alat itu tidak berehat selama 24 jam. Alhamdulillah dengan berpuasa kita dapat merehatkan alat pencernaan kita lebih kurang selama 12 jam setiap harinya. Oleh karena itu dengan berpuasa, organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih teratur dan berkesan.
Perlu diingat ibadah puasa Ramadhan akan membawa faedah bagi kesehatan
rohani dan jasmani kita bila ditunaikan mengikut panduan yang telah ditetapkan, jika tidak maka hasilnya tidaklah seberapa malah mungkin ibadah puasa kita sia-sia sahaja.
Allah berfirman yang maksudnya:
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid[534], makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan[535]. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (s.al-A'raf:31)
Nabi s.a.w. juga bersabda:
"Kita ini adalah kaum yang makan bila lapar, dan makan tidak kenyang."
Tubuh kita memerlukan makanan yang bergizi mengikut keperluan tubuh kita. Jika kita makan berlebih-lebihan sudah tentu ia akan membawa muzarat kepada kesehatan kita. Boleh menyebabkan badan menjadi gemuk, dengan mengakibatkan kepada sakit jantung, darah tinggi, penyakit kencing manis, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh itu makanlah secara sederhana, terutama sekali ketika berbuka, mudah-mudahan Puasa dibulan Ramadhan akan membawa kesehatan bagi rohani dan jasmani kita. Insya Allah kita akan bertemu kembali.
Allah berfirman yang maksudnya:

"Pada bulan Ramadhan diturunkan al-Quran
pimpinan untuk manusia dan penjelasan keterangan dari pimpinan kebenaran
itu, dan yang memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Barangsiapa menyaksikan (bulan) Ramadhan, hendaklah ia mengerjakan puasa. (s.al-Baqarah:185)
(Hikmah Puasa dikutip dari artikel Ustadz Syed Hasan Alatas)

B.     KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN DAN KEUTAMAAN BERAMAL DIDALAMNYA
1.      Bulan Ramadhan adalah:
a.       Bulan yang penuh barakah, rahmah dan maghfirah.
b.      Pada bulan ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup.
c.       Pada bulan ini Setan-Setan dibelenggu.
d.      Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam LAILATUL QADR.
e.       Pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma'siyat agar menahan diri.
2.      Keutamaan beramal di bulan Ramadhan antara lain :
a.       Amal itu dapat menutup dosa-dosa kecil antara setelah Ramadhan yang lewat sampai dengan Ramadhan berikutnya.
b.      Menjadikan bulan Ramadhan memintakan syafaa't.
c.       Khusus bagi yang puasa disediakan pintu khusus yang bernama Rayyaan untuk memasuki Jannah.

C.    RUKUN PUASA
a.       Berniat sejak malam hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ للهِ تَعالىَ
b.      Menahan makan, minum, koitus (Jima') dengan istri di siang hari sejak terbit fajar sampai terbenam matahari (Maghrib),
Wanita yang sedang haidh dilarang puasa sampai habis masa haidhnya, lalu melanjutkan puasanya. Di luar Ramadhan ia wajib mengqadha puasa yag ditinggalkannya selama dalam haidh.

D.    YANG DIBERI KELONGGARAN UNTUK TIDAK PUASA RAMADHAN
Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak puasa Ramadhan, tetapi wajib mengqadha di bulan lain, mereka itu ialah:
a.       Orang sakit yang masih ada harapan sembuh.
b.      Orang yang bepergian (Musafir). Musafir yang merasa kuat boleh meneruskan puasa dalam safarnya, tetapi yang merasa lemah dan berat lebih baik berbuka, dan makruh memaksakan diri untuk puasa.
c.       Wanita yang hamil dan menyusui yang khawatir akan kesehatan dirinya

Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa tetapi  wajib mengqadha, wajib fidyah (memberi makan sehari seorang miskin sehari 1 mud / 7 ons makanan pokok). Mereka adalah:.
a.       Wanita yang menyusui dan khawatir akan kesehatan anaknya.
b.      Karena mengandung dan khawatir akan kesehatan janinnya.

Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa dan tidak wajib mengqadha, tetapi wajib fidyah (memberi makan sehari seorang miskin). Mereka adalah orang yang tidak lagi mampu mengerjakan puasa karena :
a.       Umurnya sangat tua dan lemah.
b.      Sakit menahun yang tidak ada harapan sembuh.
c.       Orang yang sehari-hari kerjanya berat yang tidak mungkin mampu dikerjakan sambil puasa, dan tidak mendapat pekerjaan lain yang ringan

E.     HAL-HAL YANG MEMBATALKAN PUASA
a.       Masuknya segala sesuatu ke dalam lubang tubuh dengan sengaja, seperti  sengaja makan dan minum di siang hari. Bila terlupa makan dan minum di siang hari, maka tidak membatalkan puasa.
b.      Sengaja membikin muntah, bila muntah dengan tidak disengajakan, maka tidak membatalkan puasa.
c.       Keluar air mani dengan sengaja, jika tidak sengaja seperti karena mimpi maka tidak membatalkan puasa.
d.      Dengan sengaja menyetubuhi istri di siang hari Ramadhan, ini disamping puasanya batal ia terkena hukum yang berupa : memerdekakan seorang hamba, bila tidak mampu maka puasa dua bulan berturut-turut, dan bila tidak mampu, maka memberi makan enam puluh orang miskin.
e.       Datang bulan/haid di siang hari Ramadhan ( sebelum waktu masuk Maghrib)

F.     HAL-HAL YANG BOLEH DIKERJAKAN WAKTU IBADAH PUASA
a.       Menyiram air ke atas kepala pada siang hari karena haus ataupun udara panas, demikian pula menyelam kedalam air pada siang hari.
b.      Menta'khirkan mandi junub setelah adzan Shubuh.
c.       Berbekam pada siang hari.
d.      Mencium, bermesraan dengan istri tetapi tidak sampai bersetubuh di siang hari (hukumnya makruh)
e.       Beristinsyak (menghirup air kedalam hidung) terutama bila akan berwudhu, asal tidak dikuatkan/berlebihan menghirupnya.
f.       Disuntik di siang hari.
g.      Mencicipi makanan asal tidak ditelan.

G.    ADAB-ADAB PUASA RAMADHAN
1.      Berbuka apabila sudah masuk waktu Maghrib.
Sunnah berbuka adalah sbb:
a.       Disegerakan yakni sebelum melaksanakan shalat Maghrib dengan makanan yang  ringan seperti rutob (kurma muda), kurma dan air saja, setelah itu baru melaksanakan shalat.
b.      Tetapi apabila makan malam sudah dihidangkan, maka terus dimakan, jangan shalat dahulu.
c.       Setelah berbuka berdo'a dengan do'a sbb:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

2.      Makan sahur. Adab-adab sahur :
a.       Mengakhirkan sahur..
3.      Lebih bersifat dermawan (banyak memberi, banyak bershadaqah, banyak menolong) dan banyak membaca al-Qur'an
4.      Menegakkan shalat malam/shalat Tarawih dengan berjama'ah sebanyak 8 rokaat atau 20 rokaat. Dan shalat Tarawih ini lebih digiatkan lagi pada sepuluh malam terakhir (20 hb. sampai akhir Ramadhan). Cara shalat Tarawih adalah :
a.       Dengan berjama'ah.
b.      Salam tiap dua raka'at, dan ditutup dengan witir tiga raka'at.
c.       Dibuka dengan dua raka'at yang ringan.
d.      Bacaan dalam witir: Raka'at pertama: Sabihisma Rabbika. Roka't kedua: Hal ataaka khaditsul ghosiyah atau Qul yaa ayyuhal kafirun. Raka'at ketiga: Qulaudzubirobbinas, Quaudzubirobilfa;aq dan Qulhuwallahu ahad.
e.       Membaca do'a qunut dalam shalat witir.
5.      Berusaha menepati lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir, terutama pada malam-malam ganjil. Bila dirasakan menepati lailatul qadar hendaklah lebih giat beribadah dan membaca : Yaa Allah Engkaulah pengampun, suka kepada pengampunan maka ampunilah aku.
6.      Mengerjakan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir.
7.      Menjauhi perkataan dan perbuatan keji dan menjauhi pertengkaran.

H.    CARA I'TIKAF:
  1. Setelah shalat Shubuh lalu masuk ke tempat i'tikaf di masjid.
  2. Niat i'tikaf
  3. Tidak keluar dari tempat i'tikaf kecuali ada keperluan yang mendesak.
  4. Tidak mencampuri istri dimasa i'tikaf.


I.       MANFAAT PUASA DARI SEGI KESEHATAN
           

Romadhon di depan mata, saatnya umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Ibadah yang di dalamnya penuh sejuta makna dan dinantikan semua orang. Ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan hati saja, namun juga menyehatkan raga kita.
Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan adalah :
  1. Puasa dapat mengurangi berat badan berlebihan. Bagi yang mempunyai problem kegemukan (obesitas), puasa akan dapat menurunkan berat badannya. Dengan syarat jangan makan berlebihan saat buka, sahur dan diantaranya.  Dalam keadaan puasa, tubuh akan membongkar timbunan lemak yang ada dalam tubuh kita, sehingga simpanan lemak akan berkurang. Padahal timbunan lemak itulah yang membuat seseorang mengalami problem obesitas.
  2. Puasa dapat membantu mengontrol gula darah. Dalam keadaan normal, kelebihan gula akan ditimbun dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen. Untuk proses tersebut dibutuhkan insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pancreas. Hormon insulin berfunsi untuk mengatur kadar gula darah, mengubah kelebihan gula menjadi glikogen yang disimpan sebagai cadangan di otot dan hati. Pada waktu puasa, kadar gula darah akan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kelenjar pankreas punya kesempatan untuk beristirahat. Apabila kadar gula darah turun, maka cadangan gula yang berupa glikogen di hati mulai dibongkar. Pada penderita diabetes (terutama yang gemuk), dengan berpuasa gula darah lebih terkontrol. Namun demikian tidak semua penderita diabetes mellitus atau kencing manis aman untuk menjalankan puasa. Penderita diabetes yang kadar gulanya kurang dari 200 mg/dl, dan mendapat pengobatan bentuk tablet yang diminum, aman untuk melakukan ibadah puasa. Bagi penderita yang mendapat suntikan insulin , dosisnya harus kurang dari 40 unit/hari dengan 1 x suntikan per hari. Pada penderita penyakit kencing manis dengan kadar gula darah di atas 200 mg/dl atau mendapat dosis insulin lebih dari 40 unit/hari, harus berkonsultasi dulu dengan dokter yan g merawatnya.
  3. Pada penderita penyakit hati berat, seperti sirosis, tidak diperbolehkan untuk puasa karena dikhawatirkan terjadi hipoglikemi (penurunan gula darah) akibat pembongkaran glikogen yang disimpan dalam hati. Pada orang normal, penurunan tersebut tidak menjadi masalah, tidak demikian halnya pada penderita penyakit hati berat.
  4. Puasa dapat menyehatkan sistem pencernaan. Pada waktu puasa, lambung, sistem pencernaan, enzim dan hormon lainnya istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, padahal biasanya bekerja non stop paling tidak selama 18 jam setiap harinya. Hal ini  akan menyebabkan beban kerja system pencernaan menjadi berkurang. Lambung, usus dan enzim-enzim beristirahat selama keadaan puasa.
  5. Puasa dapat mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Dalam keadaan puasa, maka tekanan darah akan menjadi terkontrol. Hal ini disebabkan karena  stabilnya kondisi emosional orang yang sedang berpuasa serta terbatasnya asupan makanan yang mungkin akan menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Selama buka  dianjurkan untuk tidak makan makanan yang tinggi garam  misalnya terasi, ikan asin, teri, dll.
  6. Puasa dapat mengurangi keluhan pada penderita sakit maag atau gastritis yang ringan. Namun penderita maag yang berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu apakah diperbolehkan puasa atau tidak. Penyakit maag terjadi karena produksi asam lambung yang berlebihan yang diantaranya dipacu oleh kondisi psikologis dan jenis makanan yang masuk lambung. Dengan puasa, kondisi psikologis tenang dan asupan makanan tewrbatas, sehingga akan menurunkan produksi asam lambung yang tentunya kan mengurangi keluhan sakit maag.
  7. Puasa menyehatkan jantung. Selama puasa kita dianjurkan untuk menahan diri dari keadaan emosi dan marah. Saat sedang marah, kita mengeluarkan adrenalin yang berpengaruh memacu kerja jantung. Dengan menahan marah, maka akan mengurangi pacuan pengeluaran adrenalin dalam tubuh kita. Sehingga tidak terjadi pacuan kerja jantung yang berlebihan atau dengan kata lain, puasa menyehatkan jantung kita.
Di samping menyehatkan mental dan spiritual, tidak diragukan lagi bahwa puasa juga menyehatkan badan/fisik kita. Rata-rata dokter akan mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien di bulan Romadhon. Karena puasa menyehatkan badan kita.
Wallahu a’lam bishshowab.

Sumber: 
Suara Muhammadiyah
Edisi 21-04


diambil tanggal 22 November 2011 pukul 09.00







Tidak ada komentar:

Posting Komentar